Segenap Crew Radio Da'wah Himmah Yaman Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Mohon Maaf Lahir dan Bathin

Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

Dibuat pada 01 Agustus 2011

Bulan suci ramadhan memiliki kedudukan yang sangat mulia di hadapan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda: “setiap perbuatan manusia di lipat gandakan pahalanya, satu kebaikan menjadi sepuluh kali lipat bahkan sampai 700 lipat. Allah berfirman dalam hadist Qudsi: Kecuali puasa sesungguhnya itu milikku dan kamilah yang membalasnya. Karena dia meninggalkan syahwat dan makanan karnaku”.

Bulan ramadhan merupakan hadiah yang diberikan Allah kepada umat Muhammad SAW yaitu dengan melakukan sedikit ibadah pahalanya berlipat ganda sebab umat-umat terdahulu umurnya sangat panjang sampai ratusan tahun, tapi umur umat nabi Muhammad hanyalah puluhan tahun.
Bulan Ramadhan memiliki beberapa keistimewaan di antaranya:

1.    Allah SWT membuka pintu-pintu langit dengan menurunkan Rahmat serta mengabulkan do’a-do’a hambanya. Rasulullah bersabda: “ di sa’at bulan Ramadhan Allah SWT membuka pintu-pintu langit”

2.    Allah memerintahkan para malaikat untuk merantai dan memenjarakan para syetan supaya tidak menggoda dan menyesatkan orang-orang yang berpuasa. Rasulullah SAW bersabda:” di bukalah pintu syurga dan di tutuplah pintu-pintu neraka serta di rantailah para syetan”.
Sebagian orang bertanya ”bagaimana kemaksiatan yang dilakukan oleh umat manusia di bulan ramadhan sementara syetan telah di rantai. Jawabanya adalah Memang kemaksiatan yang di lakukan manusia itu timbul dari ke inginannya bukan timbul dari syetan sebab manusia mempunyai hawa nafsu, syahwat dan keinginan secara mutlak. Syetan dalam kehidupan manusia mampu menggodanya untuk melakukan kejelekan akan tetapi manusia dengan keinginannya yang mutlak melakukan kejelekan tersebut.

3.    Allah SWT membuka pintu-pintu surga artinya Allah SWT menjadikan amal-amal sholeh sebagai kunci untuk membuka pintu-pintu syurga dan kunci pintu-pintu ini banyak di bulan ramadhan sehingga mudah sekali untuk didapatkan yaitu dengan do’a, istighfar, ikhlas dalam puasa dan qiyamullail (bangun malam).
Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda:
فتحت أبواب الجنة رواه مسلم
Artinya:  Dibukalah pintu-pintu syurga

4.    Bulan ramadhan merupakan bulan belas kasih, ampunan, pembebasan api neraka, bagi umat umat manusia. Rasulullah bersabda:
عن سلمان الفارسي  عن النبي صلى الله عليه وسلم : قال شهر أوله رحمة وأوسطه مغفرة وآخره عتق من النار

Artinya: bulan yang mana awalnya Rohmah (belas kasih), pertengahannya ampunan dan akhirnya pembebasan api neraka.

5.    Bulan ramadhan termasuk bulan yang mengajak umat islam untuk bersikap sabar dan satu hadist yang di riwayatkan oleh Al-Bahili bahwa Rasulullah SAW menyebut bulan ramadhan sabagai bulan kesabaran. Sebab bulan ini seseorang wajib menahan hawa nafsunya dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa baik secara  dzohir maupun bathin serta mendidik manusia untuk mempunyai kepribadian yang kuat dalam menghadapi segala hal-hal khususnya mengendalikan hawa nafsu.

6.    Mendidik umat islam agar bersifat dermawan dalam hadist shohih Rasulullah SAW adalah manusia yang paling dermawan khususnya di bulan ramadhan.Sebab di saat orang mu’min berpuasa akan merasakan kelaparan, haus dan ini akan mengingatkan orang-orang faqir miskin yang sedang kelaparan sehingga muncul dalam hatinya sifat belas kasih kepada orang-orang yang tidak mampu.


7.    Mendidik umat islam berahlak Mulia
Bulan Romadhan mendidik umat islam untuk berahlak mulia sebab puasa bukan sekedar mencegah makan, minum melainkan juga menjahui ghibah,namimah, menyakiti sesama muslim dsb. Rosulullah bersabda:

من لم يدع قول الزور والعمل به فليس لله حاجة في أن يدع طعامه وشرابه رواه البخاري
Artinya : barang siapa yang tidak meniggalkan kebohongan maka dihadapan Allah tidak ada faedahnya dia meninggalkan makan dan minum.

8.    Di utusnya Nabi Muhammad Saw.
Di bulan ini Rosulullah SAW diutus sebagai Rosul sekaligus penutup para nabi bahkan Alquran Mu`jizat tersbesar diturunkan dibulan Ramadhan malam lailatul qodar.

9.    Doa yang dikabulkan
Allah SWT mengabulkan doa hambanya dibulan suci ini,rosulullah SAW besabda sebagaimana yang diriwayatkan Ibnu Majah
قال الني صلى الله عليه وآله وسلم : إن للصائم عند فطره دعوة لا ترد  رواه ابن ماجه
Artinya: Sesunggunya doanya orang yang sedang berbuka puasa itu tidak di tolak. Dll.

(Intan Bint Chairuman Arrahbini )






Tulis Komentar


Kode keamanan
Segarkan